KESEPAKATAN PENYELESAIAN SENGKETA

ANTARA PT. BUMI PALMA LESTARI PERSADA

DENGAN MASYARAKAT DESA SEBERANG SANGLAR

              IMG-20180410-WA0001Sebagai tindak lanjut dari rapat penyelesaian sengketa antara PT. Bumi Palma Lestari Persada dengan masyarakat Desa Seberang Sanglar, kembali dilakukan rapat fasilitasi dan dimediasi, pada hari Rabu (28/3) lalu, bertempat di ruang rapat kantor Bupati Kabupaten Indragiri Hilir. Rapat mediasi dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Afrizal, dihadiri oleh Kabag Ops Polres Indragiri Hilir, Sekretaris Dinas Perkebunan, Camat Reteh, Pihak Manajamen PT. Bumi Palma Lestari Persada dan perwakilan masyarakat Desa Seberang Sanglar Kecamatan Reteh.

              Dalam rapat tersebut, dicapai kata sepakat antara pihak PT. Bumi Palma Lestari Persada dan perwakilan masyarakat Desa Seberang Sanglar Kecamatan Reteh, mengenai penyelesaian sengketa akibat terjadinya kerusakan kebun kelapa karena serangan hama kumbang Oryctes rhinoceros karena aktivitas peremajaan tanaman kelapa sawit PT. Bumi Palma Lestari Persada. Penyelesaian sengketa yang dicapai dituangkan dalam kesepakatan yang ditandatangani oleh para pihak dan saksi-saksi.

              IMG-20180410-WA0002Inti dari kesepakatan yang dicapai, yakni pihak perwakilan masyarakat Desa Seberang Sanglar Kecamatan Reteh, bersedia dan setuju menerima bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai bentuk kepedulian pihak PT. Bumi Palma Lestari Persada terhadap arel-areal kebun kelapa milik Desa Seberang Sanglar Kecamatan Reteh yang terserang hama kumbang kelapa dan atau sebagai pola penyelesaian dari tuntutan masyarakat. Tahapan-tahapan pelaksanaan akan terlebih dahulu dirumuskan dan dibuat serta disampaikan oleh pihak PT. Bumi Palma Lestari Persada kepada pihak perwakilan masyarakat setelah kesepakatan ditanda tangani.

             IMG-20180410-WA0003 Ketua Tim Mediasi menilai hasil kesepakatan antara kedua belah pihak merupakan langkah terbaik mengatasi perselisihan. Tim Mediasi dianggap telah berhasil menangani perselisihan sebelum meluas. Melalui program rehabilitasi lahan perkebunan yang rusak yang ditawarkan oleh pihak         PT. Bumi Palma Lestari Persada, diharapkan kondisi perkebunan kelapa masyarakat Desa Seberang Sanglar Kecamatan Reteh, kembali membaik dan perekonomian masyarakat bisa didukung dari hasil tanaman lain selain dari hasil kelapa. (Red., Above18)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × five =