TIM PROTEKSI DAN PENGENDALIAN ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN PERKEBUNAN MEMBAHAS MENGENAI SERANGAN HAMA KUMBANG

DI KEBUN KELAPA MASYARAKAT DAN UPAYA PENCEGAHANNYA

TIM PROTEKSI PENANGGULANGAN HAMA KUMBANG.3Pada hari Jum’at tanggal 20 April 2018 dilaksanakan rapat membahas mengenai serangan hama kumbang yang terjadi di Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran dan di lokasi lain yang dilaporkan oleh masyarakat serta upaya mediasi para pihak. Rapat bertempat di ruang Kepala Dinas Perkebunan dipimpin oleh Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir selaku Penanggung Jawab. Rapat juga membahas upaya yang akan dilakukan dalam mencegah terjadinya serangan hama kumbang di kebun masyarakat akibat aktivitas replanting yang dilakukan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit. Sebelumnya, Kepala Seksi Perlindungan menyampaikan agenda rapat yang akan dibahas.

Dari hasil laporan Tim Proteksi dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Perkebunan yang turun ke lokasi, guna memeriksa kebenaran laporan masyarakat, memang didapati terjadi serangan hama kumbang kelapa dengan tingkat kerusakan sedang hingga berat. Guna mencegah semakin meluasnya dan masifnya serangan hama kumbang, maka perlu dilakukan upaya pengendalian secepatnya guna. Berdasarkan informasi dari masyarakat, serangan hama kumbang kelapa ini diduga berasal dari aktivitas replanting tanaman kelapa sawit milik perkebunan kelapa sawit yang berada di sempadan. Dugaan ini diperkuat dengan kondisi kebun kelapa yang berada jauh dari sempadan, tidak mengalami serangan. Kerusakan kebun kelapa akibat serangan hama kumbang kelapa ini, telah dilakukan pendataan oleh Petani. Namun, akurasi dan kevalidannya masih perlu diteliti lebih lanjut dengan sistem dan metode yang ilmiah.

Terjadinya serangan hama kumbang kelapa di Desa Tanjung Simpang ini, berpotensi menimbulkan konflik horizontal. Oleh karenanya, disepakati untuk melakukan mediasi kepada masing-masing pihak terlebih dahulu. Mediasi pertama akan dilakukan kepada perwakilan masyarakat Desa Tanjung Simpang. Setelahnya, mediasi kepada pihak perusahaan. Dari laporan masyarakat yang sudah diverifikasi kebenarannya oleh anggota Tim, serangan hama kumbang kelapa ini juga sudah terjadi dan dilaporkan oleh masyarakat Desa Karya Tani Kecamatan Kempas, yang menyerang tanaman kelapa dan kelapa sawit. Serangan hama ini juga berpotensi menimbulkan konflik antara masyarakat dengan pihak perusahaan, bila tidak segera diatasi TIM PROTEKSI PENANGGULANGAN HAMA KUMBANG.2.

Sekaitan, dengan semakin banyaknya laporan terjadinya serangan hama kumbang kelapa akibat aktivitas replanting ini, dipandang perlu untuk membuat suatu regulasi yang mengaturnya. Sehingga diharapkan, dampak buruk dari aktivitas replanting bagi kebun kelapa masyarakat dapat diminimalisir. Muaranya, perusahaan perkebunan bisa tetap beraktivitas dan kebun kelapa masyarakat tidak terdampak dan bisa tetap berproduksi. Selain itu, perlu ditetapkan suatu standar prosedur operasional yang baku bagi Tim Proteksi dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Perkebunan dalam bekerja menangani terjadinya serangan Organisme Pengganggu Tanaman Perkebunan baik dalam tahap pencegahan maupun setelah adanya laporan serangan Organisme Pengganggu Tanaman Perkebunan dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − five =