PUASA RAMADHAN MOMENTUM MEMPERKUAT KEBERSAMAAN

Marhaban yaa Ramadhan. Alhamdulilah, kita masih diberikan nikmat umur oleh Allah SWT., untuk kembali bertemu dengan bulan yang penuh dengan keberkahan ini. Tiga semangat dan karakter utama yang secara tak langsung termuat dalam pembelajaran ubudiyah di bulan Ramadhan adalah semangat kejujuran, keikhlasan dan kebersamaan. Ketiga semangat tersebut melekat erat pada berbagai rutinitas peribadatan selama bulan puasa.

Semangat kebersamaan ini, sangat jelas dan relevan sekali tampak di bulan Ramadhan ini. Diantaranya,pada prosesi shalat fardhu dan tarawih berjamaah, berbuka puasa bersama, tadarus, majelis taklim dan berbagai kegiatan ubudiyah lainnya. Hikmah yg diperoleh dari ajaran berpuasa Ramadhan nilai kesalehan selalu berada pada jaringan sosial masyarakat dilandasi oleh kualitas iman dan takwa. Sehingga dalam kalbu kita tumbuh pribadi yg kuat senantiasa ikhlas beramal dan bukan pribadi yg selalu menjadi beban orang lain. Kondisi sekarang kesalehan sosial yg berwujud rasa peduli terhadap merebaknya kemiskinan terlihat jelas konteksnya. Esensi ajaran Islam tidak mengajarkan manusia bersikap masa bodoh terhadap masyarakat lingkungan lebih-lebih terhadap mereka yg hidup kekurangan dan miskin.

Seluruh rutinitas ibadah itu tidak hanya merupakan persembahan kepada Allah, akan tetapi juga merupakan pendidikan bagi jiwa dan raga setiap individu yang melaksanakannya. Bagi raga manusia, bukan lagi rahasia bahwa ibadah yang dilakukan secara rutin, terutama puasa, memberi kesempatan kepada tubuh untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel-sel pembentuknya. Di sisi lain, bagi jiwa manusia, puasa Ramadhan dan berbagai ibadah lain yang menyertainya akan memberi pendidikan berharga untuk setiap jiwa yang melakukannya, termasuk di dalamnya semangat kebersamaan dan penguatan empati untuk saling berbagi. Sebaik-baik manusia adalah manusia yang memiliki manfaat bagi sesama dan lingkungannya.

Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1439 H / 2019 M. Semoga kita mendapatkan keberkahan, ampunan dari Allah SWT. dan terhindar dari siksa api neraka.

Sumber Bacaan :

  1. Anonymous. 2018. Hikmah Puasa Ramadan Disitasi dari https://www.beritaislamimasakini.com/hikmah-puasa-ramadan.htm
  2. Sasongko, Agung. 2018. Ramadhan dan Kebersamaan. Cahaya Ramadhan Republika. Disitasi dari http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/mutiara-ramadhan/18/05/02/p83d42313-ramadhan-dan-kebersamaan
  3. Rizal, Samsul. 2017. Kejujuran, Keikhlasan, dan Kebersamaan. Disitasi dari http://aceh.tribunnews.com/2017/06/07/kejujuran-keikhlasan-dan-kebersamaan dari serambinews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 9 =