Sambutan Kepala Dinas Perkebunan

Pengusahaan perkebunan di sektor hulu maupun hilir dilakukan secara terpadu dengan pendekatan kawasan pengembangan perkebunan, yang dapat dilaksanakan melalui ekstensifikasi dan diversifikasi usaha. Sesuai amanat Undang-undang Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan, dalam Pasal 2 disebutkan bahwa perkebunan diselenggarakan didasarkan kepada asas kedaulatan, kemandirian, kebermanfaatan, keberlanjutan, keterpaduan, kebersamaan, keterbukaan, efisiensi-berkeadilan, kearifan lokal dan kelestarian fungsi lingkungan hidup. Selanjutnya, pada Pasal 4 disebutkan bahwa salah satu lingkup pengaturan perkebunan meliputi sistem data dan informasi.

Pengembangan jaringan informasi pada era digital saat sekarang, merupakan sesuatu hal mutlak. Melalui media online, maka sebaran informasi perkebunan dari aspek pra sarana, sarana, budidaya, penanganan panen dan pasca panen, pengolahan beserta pemasarannya, akan menjadi lebih efektif dan efisien. Aspek pemasaran produk hasil perkebunan dan produk olahannya menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat selama ini jalur tata niaga pemasaran hasil pertanian cukup panjang. Disamping tata niaga yang penjang, pemasaran perkebunan sangat terdistorsi, karena pemasaran pertanian cenderung bersifat monopoli dan posisi tawar petani lemah di hadapan pelaku pasar.

Sebagai suatu media informasi berbasis teknologi, kehadiran suatu laman web (website) tentu memberikan dampak positif dalam penyebaran informasi dan potensi perkebunan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Oleh karenanya, kami mengharapkan keberadaan laman web dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir ini, mampu menjadi sumber informasi perkebunan sekaligus memberikan informasi pasar produk hasil dan olahan perkebunan. Hal ini menjadi penting untuk diwujudkan, mengingat informasi perkebunan dan informasi pasar produk perkebunan yang cepat, tepat, akurat, lengkap, berkelanjutan dan terkini, sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha agribisnis dan para penyusun kebijakan perkebunan.

Akhirnya, semoga website ini memberikan manfaat bagi pengunjung dan stakeholder perkebunan serta memberikan kontribusi untuk kemajuan pembangunan perkebunan di Kabupaten Indragiri Hilir. Terima kasih.

Tembilahan,   Oktober 2015

Kepala Dinas Perkebunan

Kabupaten Indragiri Hilir,

H. TANTAWI  JAUHARI.

Pembina Utama Muda

NIP. 19680911 198811 1 001